Latihan Jumping Servis Bola Voly

Jumping servis adalah servis bola voly yang dilakukan sambil meloncat. Loncatan saat Jump Servis harus dilakukan di luar garis bagian belakang pukulan dilakukan layaknya seperti pukulan smash, namun arah bola tidak terlalu menukik melainkan diarahkan agak jauh agar dapat melewati di atas net dan jatuh di bidang daerah lawan.  Mengapa Jump servis perlu dikuasai oleh setiap pemain? Karena laju bola yang dihasilkan oleh Jump servis sangat kencang sehingga dapat menyulitkan lawan untuk menerima bola dengan baik atau bahkan bola bisa melenceng sehingga lawan tidak dapat lagi mengembalikan bola dan otomatis poin bertambah untuk kita.

Untuk dapat melakukan Jump Servis dengan baik dan terarah, perlu kita mengetahui teknik dasar dan cara latihan. Makin sering berlatih maka makin sempurna penguasaan Jump Servis. Tidak hanya sekedar keras namun juga dapat mengarahkan bola ke posisi atau daerah kelemahan lawan.




Berikut ini beberapa teknik dasar yang dapat dilakukan untuk latihan Jump Servis:
  • Ambil bola voly dan pegang di atas telapak tangan 
  • Berdirilah kira-kira 3 meter di belakang garis lapangan bola voly dengan kaki kiri atau kanan berada di depan
  • Julurkan tangan ke depan dengan bola di atas telapak tangan kira-kira setinggi dada atau perut
  • Lemparkan bola voly kira-kira setinggi 3 meter di depan kepala kita
  • Dua tiga langkah loncat dan pukul bola seperti melakukan smash
  • Perkenaan bola harus tepat di telapak tangan. Perkenaan bola pada lengan atau di bawah telapak tangan dapat berakibat bola menukik kebawah sehingga bola tidak dapat melambung.
  • Jangan melemparkan bola sambil berlari, karena akan menyulitkan kita saat akan meloncat.
Itulah beberapa teknik dasar yang dapat dilakukan untuk latihan Jump Servis. Latihan sebaiknya dilakukan sesering mungkin agar dapat menguasai teknik pukulan, kecepatan dan arah bola. Dalam setiap pertandingan permainan bola voly. Pemain yang mendapat giliran servis hendaknya juga memperhatikan dimana kelemahan lawan agar pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola yang kita pukul. Keberhasilan melakukan servis dapat menambah poin bagi regu kita. Namun sebaliknya kegagalan melakukan servis dapat merugikan tim kita karena servis yang terlalu lemah atau bahkan tidak sampai ke bidang daerah lawan otomatis menghasilkan poin untuk lawan.