Manfaat Latihan Kelentukan Bagi Orang Tua

Kelentukan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan dalam ruang gerak sendi secara luas dan bebas. Kelentukan seseorang ditentukan oleh elastisitas otot-otot tendo dan ligamen. Dalam hal kelentukan seseorang biasanya mengacu pada ruang gerak sendi-sendi tubuhnya. Lentuk tidaknya seseorang di tentukan  oleh luas dan sempitnya ruang gerak sendi-sendinya.

Kelentukan penting bagi semua orang dari segala umur, Terutama bagi orang tua. Karena semakin tua sendi ligamen dan tendonnya menjadi kaku sehingga mengurangi fleksibilitas. Maka dari itulah semakin pentingnya latihan kelentukan terutama bagi orang tua. Bagi orang tua latihan kelentukan dapat memperbaiki:

1. Mengurangi kemungkinan cedera pada otot-otot dan sendi.
2. Membantu mengembangkan kecepatan, koordinasi gerak, dan kelincahan.
3. Membantu memperbaiki sikap tubuh.
4. Menghemat pengeluaran tenaga ketika melakukan gerakan-gerakan.

Dengan demikian orang yang mempunyai kelentukan tubuh yang bagus mempunyai gerakan yang luas dalam otot dan sendi-sendi dan mempunyai otot-otot yang elastis. Orang yang otot-ototnya kaku, tidak elastis biasanya terbatas ruang gerak sendi-sendinya. Faktor utama yang menentukan kelentukan seseorang adalah fleksibilitas dan elastisitas otot dan kelentukan otot-otot kita akan berkembang jika kita sering melakukan latihan.