Tujuan Pola Penyerangan Dalam Permainan Sepak Bola

Penyerangan bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dengan cara menerobos dan menghancurkan pertahanan lawan. Penyerangan hanya dapat dilakukan oleh satu tim kesebelasan apabila mereka sedang menguasai permainan dilapangan . Terjadinya serangan menentukan keberhasilan kesebelasan baik secara individu maupun kerja sama regu. Hal yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan penyerangan adalah:

1. Adanya pemain yang bertugas mengatur serangan
2. Adanya pemain yang bertugas membantu serangan
3. Adanya pemain yang bertugas mencetak gol
4. Adanya pemain yang bertugas memancing lawan

Dalam permainan sepak bola, pola penyerangan adalah suatu bentuk susunan para pemain yang dipakai untuk melakukan serangan ke daerah tim lawan dan memasukkan bola ke dalam gawang lawan.
Pola penyerangan sepak bola adalah bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, sehingga bisa memenangkan suatu permainan.

Yang perlu dijaga adalah stamina dan daya tahan tubuh setiap pemain, kerja sama antar pemain, kontrol bola yang baik dan penguasaan teknik adalah sangat menentukan efektifitas dan keberhasilan dari pola penyerangan dalam permainan sepak bola.

Sehingga dalam penggunaannya, pola penyerangan sepak bola harus dirancanakan sematang-matangnya. Salah satunya dengan memvariasikan kombinasi serangan sehingga dapat menerobos pertahanan tim lawan.