Teknik Servis Bola Voly

 Teknik servis adalah teknik pertama yang harus anda kuasai sebelum melakukan permainan bola voly. Servis adalah awalan untuk memulai pertandingan bola voly. Servis juga  bisa menjadi serangan pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan point. Ada 3 jenis servis yang sering digunakan dalam permainan bola voly, yaitu servis bawa, servis atas, dan jump servis (servis sambil melompat). Beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakkan servis dengan baik adalah sebagai berikut:

1. Servis bawah.




Servis bawah adalah servis yang paling mudah, biasanya digunakan oleh pemain pemula. Cara melakukan servis bawah adalah sebagai berikut:

  1. Tubuh berdiri tegak, tangan kanan atau kiri memegang bola dan tangan yang lain mengepal
  2. Bola dipegang kira-kira setinggi pinggang
  3. Bola dilambungkan 10 cm dan kemudian bola dipukul dengan tangan yang mengepal dari bawah. Arah pukulan dari belakang ke depan.
  4. Pukul dengan kuat sehinggga bola dapat melempaui net
  5. Posisi kaki satu di depan dan satunya di belakang/
2. Servis Atas




Cara melakukan servis atas adalah sebagai berikut:
  1. Posisi badan tegak dan menghadap ke lapangan
  2. Posisi kaki sejajar dengan bahu
  3. Lambungkan bola di atas kepala
  4. Pukul bola tepat di tengah belakang sampai bola dapat melampaui net
3. Servis sambil melompat (jump servis)



Jumping servis adalah teknik yang paling sulit, namun hasilnya juga sepadan. Servis yang dilakukan dengan meloncat biasanya bola akan mengalir deras menuju ke bidang lawan sehingga lawan kesulitan untuk menerima atau mengembalikan bola. Teknik jump servis memerlukan ketepatan dalam menerima dan memukul bola. Cara melakukan jumping servis adalah:
  1. Berdiri agak jauh dibelakang lapangan
  2. Bola dipegang dengan kedua tangan
  3. Bola dilambungkan sekitar tiga meter dari tanah
  4. Ketika bola sedang melambung cari timing yang tepat untuk melompat setinggi-tingginya dan memukul bola ke arah bidang lawan
  5. Pukulan dilakukan layaknya melakukan smash