Memahami Cara Menghindari Penularan HIV/AIDS

Pencegahan Penularan HIV/AIDS

Cara yang paling baik untuk mecegah penularan HIV/AIDS adalah dengan selalu hidup dan berperilaku sehat. Selalu taat menjalankan perintah dan menjahui  larangan-larangan agama. Hindari pergaulan bebas yang mengarah pada seks bebas atau hindari suka melakukan hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan.
Pencegahan Penularan HIV/AIDS

Secara umum usaha untuk mencegah penularan HIV AIDS adalah:

  • Selalu Menghindari hubungan Seks yang tidak aman. Contoh menghindari hubungan seks yang bukan pasangan nikah, menghindari hubungan kelamin dengan lawan yang sejenis (Homoseksual/Lesbian).
  • Selalu menggunakan jarum suntik yang steril atau jarum suntik yang baru
  • Bila ibu hamil dalam keadaan positif HIV, bila sudah melahirkan sebaiknya jangan menyusui bayi dengan asinya.
Obat-obatan Yang Diyakini Dapat Menghambat Virus HIV

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar dapat menyembuhkan penderita HIV/AIDS. Obat-obatan yang dikenal hanyalah untuk menambah daya tahan penderita sehingga dapat memperpanjang umur penderita. Namun hanya 1 sampai dua tahun saja. Selanjutnya Penderita HIV/AIDS tetap meninggal dunia.

Ada beberapa jenis obat yang dikenal di dunia kedokteran yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit AIDS. 
  • AZT (Azidothymedine), Obat ini diperkirakan mampu menahan perkembangan virus, namun mengandung efek samping. Efek samping yang timbul adalah penderita akan mengalami kerusakan pada tulang sumsum dan menderita anemia berat. akibatnya penderita harus menjalani transfusi darah.
  • DDI (Diseoxytidine), Cara kerja obat ini tidak banyak berbeda dengan AZT. yaitu hanya menghambat perkembangan virus HIV dalam darah. 
  • DDC (Zalcitabine), seperti obat-obatan tersebut di atas. obat ini juga hanya menghambat perkembangan Virus HIV dalam darah.
Ketiga jenis obat tersebut di atas telah mendapat rekomendasi dari badan yang berwenang mengawasi obat dan makanan di Amerika Serikat. Menurut para ahli obat-obatan tersebut mampu memperpanjang umur penderitab 1 ampai 2 tahun. Efek samping DDI dan DDC adalah dapat merusak pankreas dan gangguan syaraf. 

Walaupun banyak beredar obat-obatanyang konon ampuh untuk mengobati penyakit HIV/AIDS namun para ahli masih meragukan keampuhannya. Disamping itu Obat-obatan AIDS banyak mengandung efek samping yang cukup merepotkan penderita.