Olahraga Permainan Udara

Olahraga udara tidak digolongkan dalam olahraga permainan seperti permainan sepak bola, permainan bola voly dan lain sebagainya. Namun olahraga udara aktivitasnya banyak mengandung seperti olahraga permainan. Beberapa macam olahraga permainan di udara antara lain erobatics, Aeromodelling, Hang gliding, pesawat bertenaga manusia, parasut, paralayang dan skydiving. Masing-masing memerlukan setting yang berbeda termasuk tinggi di atas bumi seperti terjun payung dan paralayang.

Banyak Olahraga Udara juga disebut sebagai olahraga ekstrim dengan hanya satu peraturan mendorong sejauh yang bisa dilakukan. Ini termasuk balap udara, hang gliding, paralayang, Wingsuit Flying dll. Jadilah itu pesawat udara kecil atau parasut di punggung Anda, taruhannya sangat tinggi saat Anda ikut serta dalam Olahraga Udara.


Semua pertandingan yang dihitung dalam Olahraga Udara diatur secara internasional oleh organisasi nirlaba FAI (Federation Aeronautique Internationale) yang didirikan pada tahun 1905. Ini menunjukkan bahwa Olahraga Udara memiliki sejarah lebih dari satu abad. 


Berikut ini macam-macam olahraga udara yang menggunakan motor antara lain:


  1. Air Racing - melibatkan pesawat yang bersaing di jalur tetap rendah ke tanah.
  1. Aerobatics - olahraga aerobatik melibatkan manuver pesawat terbang seperti gulungan, loop, stall turns (martil), dan tailslides.
  1. Aeromodeling - olahraga menggunakan pesawat terbang model terbang (bukan sport).
  1. Drone Racing - pesaing berpacu dengan drone multi-rotor khusus di sekitar kursus alami atau yang dirancang khusus (bukan olahraga).
  1. Angin / Gliding Air Sports
  1. Hang Gliding - jenis olahraga udara dimana pengendara menerbangkan pesawat non-bermotor yang disebut glider hang.
  1. Kitesurfing - papan dan layang-layang digunakan di atas air dengan menggunakan berbagai gaya yang terdiri dari freeride, speed, down winders dan racing.
  1. Paralayang - pengendara menggunakan para-gliders melakukan manuver lintas negara atau akrobatik.
  1. Ballooning - balon udara panas yang kompetitif adalah uji akurasi, bukan kecepatan. Tujuannya adalah untuk terbang sedekat mungkin ke target dan menjatuhkan penanda berbobot.
  1. Meluncur - olahraga udara di mana pilot menggunakan pesawat yang tidak diberhentikan.
  1. Pilot Kanopi - skydiver parasut melakukan pertunjukan udara di atas tubuh kecil air.
  1. Gravity Air Sports
  1. Skysurfing - seorang skydiver menempelkan papan di kakinya saat terjun bebas.
  1. BASE Jumping - melibatkan terjun payung dari struktur atau tebing, dengan kompetisi berdasarkan akurasi pendaratan.
  1. Parachuting / Skydiving - melibatkan melompat dari pesawat terbang dengan parasut saja.
  1. Wingsuit Flying - berbagai skydiving, dimana seseorang akan terbang di udara dengan menggunakan jumpsuit khusus yang disebut wingsuit.
  1. Bodyflight - olahraga akrobatik yang melibatkan skydiving atau terowongan vertikal untuk melakukan manuver saat berada di udara.