Gerakan Tanpa Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Teknik gerak tipu dalam permainan sepak bola adalah teknik yang dilakukan untuk mengecoh lawan guna mendapatkan posisi dan lolos dari bayang-bayang lawan sehingga terdapat peluang yang besar untuk mendekati atau bahkan membuat  gol ke gawang lawan.

Gerak tipu adalah gerakan yang dilakukan seorang pemain untuk mengecoh lawan. Contohnya saat seorang pemain ingin melakukan passing, lalu pemain lawan berusaha merebut bola, ternyata sang pemain malah melakukan tembakan langsung ke arah gawang.

Teknik gerak tipu tanpa bola adalah gerak tipu badan . Gerak tipu ini bertujuan untuk menipu lawan sehingga dapat melampui lawan. Pada umunya gerak tipu dilakukan dengan gerakan kaki, ayunan badan atau berhenti dengan tiba-tiba.

Bentuk gerak  tipu dalam permainan sepak bola juga dapat diartikan  dengan  gerak tubuh pemain untuk mengelabuhi lawan agar dpt mempertahankan bola. Dan ada pula gerakan mengecoh yang dilakukan ketika dribble.

Ada dua jenis teknik menipu di dalam permainan sepak bola, yaitu gerakan tipu dengan bola dan tanpa bola. Teknik dasar latihan untuk melakukan  gerak tipu dapat dilakukan dengan cara-cara sebegai berikut :
  1. Pahami apa itu  sepak bola
  2. Pelajari cara bermain sepak bola
  3. Tirulah trik gerak tipu yang dilkukan oleh pemain-pemain sepak bola professional
  4. Berlatih di lapangan bersama teman secara rutin dan berkelanjutan