Persiapan Latihan Kebugaran Jasmani

1. 30-45 menit sebelum latihan harus sudah makan 

Sarapan merupakan makanan kunci untuk sumber energi Anda. Karenanya, sebelum olahraga pun Anda diwajibkan untuk melakukan sarapan beberapa saat sebelumnya.

Meski ada diet yang menyarankan bahwa kita jangan sarapan dulu baru olahraga namun hal itu tidaklah disarankan berdasarkan anjuran medis.

Tidak makan sebelum berolahraga malah memicu kegemukan. Jika Anda tak makan sebelum berolahraga, maka jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh akan semakin banyak. Akibatnya, setelah berolahraga Anda justru akan merasa sangat lapar. Porsi makan pun akan bertambah.

Tetapi jika Anda terlebih dahulu memberi asupan energi pada tubuh melalui makan sebelum olahraga, jumlah kalori yang terbakar bisa ditekan. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi 45 gram karbohidrat sebelum berolahraga dapat mengurangi nafsu makan berlebih setelahnya.

Kapan waktu yang tepat untuk makan? Antara 30-45 menit sebelum berolahraga. Selain bisa menambah energi, hal itu juga dapat menambah intensitas latihan Anda.

2. Tidur harus cukup

Tidur adalah saat dimana tidak hanya fisik kita yang beristirahat namun juga jiwa dan otak kita. Itulah mengapa kita membutuhkan tidur yang cukup setiap harinya. Dengan tidur yang cukup maka kita akan mendapatkan banyak manfaat tidur untuk kesehatan kita. Tidur dan kesehatan memiliki hubungan yang sangat kuat seperti yang dijelaskan di daftar manfaat tidur untuk kesehatan di bawah ini.

Pada saat tidur, tubuh kita memiliki waktu dan kesempatan untuk memperbaiki sel - sel tubuh yang rusak secara optimal

Hormon pertumbuhan akan banyak diproduksi pada saat tubuh kita tidur sehingga kekurangan tidur akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh kita.

Tidur yang efektif dan berkualitas bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena pada saat kita tidur, zat - zat kimia seperti: interleukin 1, tumor necrosis factor (TNF) , serta sel - sel lain yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh akan meningkat kadarnya.

Akan lebih mudah bagi seorang dokter untuk memprediksi kesehatan seseorang dengan cara mengamati kebiasaan tidur.

Sebuah pola tidur yang teratur dan juga berkualitas akan membantu peningkatan kualitas kesehatan

bagi orang dewasa, tidur yang cukup bermanfaat untuk memperkuat tulang, menambah massa otot, mengurangi lemak tubuh, merangsang pertumbuhan badan dan otak. itu semua dilakukan oleh GH (Growth Hormone) yang hanya dihasilkan tubuh kita saat tubuh kita dalam kondisi tidur,

Tidur bermanfaat pada tingkat konsentrasi kita karena terdapat hubungan antara tidur dan konsisi vitalitas serta emosi. Pada saat kurang tidur, maka otak akan dipaksa untuk terus aktif sehingga neurotransmiter yang sudah terpakai tidak tergantikan. Hal inilah yang membuat aktivitas otak menurun sehingga menyebabkan kita selalu merasa lelah dan sulit konsentrasi.

Tidur yang teratur bisa membuat jam biologis kita juga menjadi teratur. Kurang tidur akan mengacaukan jam biologis kita sehingga bisa berdampak pada kondisi tubuh dan kesehatan kita.

3. Setiap latihan memakai pakaian olah raga

Setiap olahraga memiliki aturan khusus, termasuk pakaian yang digunakan. Baju olahraga yang baik dan berkualitas dirancang untuk menjaga tubuh Anda tetap dingin dan stabil. Seperti kita tahu, Olahraga akan membuat tubuh banjir keringat dan suhu meningkat. Kadang hal ini membuat tidak nyaman, apalagi jika baju yang Anda pakai membuat tubuh makin terperangkap panas. Sedangkan baju olahraga dirancang memiliki pori-pori khusus yang membuat kulit Anda lebih mudah bernapas dan tetap dingin. Baju olahraga juga dirancang untuk mencegah iritasi karena gesekan akibat gerakan tubuh. Dengan tubuh yang tetap dingin dan nyaman, Anda tetap fokus selama olahraga dan tidak kegerahan.

Membuat Gerakan Lebih Fleksibel

Gerakan tubuh yang bebas dan fleksibel adalah salah satu syarat agar olahraga yang Anda lakukan lebih efisien dan memberi manfaat maksimal. Baju olahraga dirancang dengan tingkat elastis tertentu, sehingga gerakan sesulit apapun yang Anda lakukan tidak akan menyulitkan Anda. Hal berbeda akan Anda rasakan jika memakai baju biasa saat berolahraga. Selain itu, baju olahragadapat meminimalkan cedera yang  bisa terjadi saat berolahraga. Jika sudah begini, Anda akan menikmati setiap gerakan olahraga tanpa hambatan, rasa gatal atau gerakan yang tidak maksimal (misalnya gerakan tangan jadi terbatas karena terhimpit jahitan baju biasa). Yang pasti, Anda jadi lebih bebas bergerak.