Latihan Membentuk Pinggang Biola

Pinggang adalah bagian tubuh yang memberikan kesan tersendiri bagi bentuk tubuh seseorang, baik pria maupun wanita. Seseorang dikatakan memiliki bentuk tubuh atletis sering kali dilihat dari postur tubuh yang ideal termasuk pinggangnya. Bagi kaum hawa memiliki pinggang yang ideal adalah suatu kelebihan tersendiri. Pinggang yang ideal sangat memberikan nilai tambah bagi penampilan kaum wanita.
 
Pinggang adalah bagian tubuh manusia yang berada diantara perut dan pinggul. Ukuran pinggang ini menentukan apakah orang itu mengalami obesitas (kegemukan) atau tidak. Ukuran pinggang seseorang berbeda-beda benurut besar kecilnya postur tubuh seseorang. Namun pada umumnya seseorang dikatakan mengalami obesitas atau kegemukan jika ukuran lingkar pinggangnya melebihi 102 cm/40 inc untuk pria, dan 88 cm/35 inc untuk wanita.

Memiliki pinggang ramping seperti biola adalah dambaan bagi cewek maupun cowok. Namun bagi yang memiliki pinggang yang besar tentu ini masalah tersendiri. Namun Tidak usah khawatir, untuk memiliki pinggang yang ramping seperti biola bisa melalui latihan. Asal anda punya kemauan dan kemampuan dan Tuhan mengizinkannya, pasti anda dapat memilikinya.

Latihan dapat anda lakukan di tempat fitness atau di rumah. Jika anda ingin melakukannya dirumah, berikut adalah gerakan-gerakan yang dapat anda lakukan:

1. Sit up

Sit up adalah gerakan baring duduk yang dilakukan berulang-ulang, bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan untuk memegang kaki agar tidak terangkat ke atas, atau tanpa kaki di pegang bila anda mampu melakukannya sendiri. Gerakan awalannya adalah berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki datar menempel di lantai. Tempelkan kedua tangan anda pada kedua telinga. Ketika Anda berbaring, kencangkan otot perut dan naikkan tubuh bagian atas Anda dari perut. Tahan dua detik dan turunkan kembali ke bawah. Ambil nafas ketika badan Anda turun dan buang nafas ketika badan Anda naik. Ulangi untuk beberapa kali. Latihan perut paling efektif dilakukan tiga kali seminggu.

2. Side plank
Cara melakukan: Berbaringlah pada sisi kiri tubuh Anda di handuk atau tikar. Anda harus mencoba untuk menopang badan dan kaki hanya dengan lengan bawah dan kaki Anda, sehingga siku kiri Anda terletak di bawah bahu kiri, dan tekuk pergelangan kaki 90 derajat.


side plank

Lengan bawah Anda harus rata dengan tanah. Taruh kaki kanan Anda di atas kaki kiri, dan lakukan kontraksi otot perut Anda pada saat Anda tekan lengan dan kaki kiri ke bawah untuk mengangkat badan dari tanah. Bernapas merata, dan jagalah tubuh Anda dalam garis lurus dari bahu Anda ke pergelangan kaki. Berusahalah untuk menahan selama beberapa detik sebelum melepaskannya.

3. Melompat Di Atas Trampolin
Salah satu latihan yang paling mudah untuk membakar lemak pinggang adalah dengan hanya melompat di atas trampolin. Mulailah dengan melompat selama dua menit per sesi.

4. Aktivitas Berjalan Kaki
Dengan menambahkan aktivitas berjalan kaki, Anda bisa melatih daerah pinggang dan mulai membakar sel-sel lemak yang tersimpan.

5. Squat jump
Squat jump adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi lemak yang tidak diinginkan di pinggang. Ini adalah latihan sederhana yang dimulai dalam posisi tegak dan tekuk lutut Anda, menurunkan tubuh Anda. Kemudian berdiri kembali dan dilakukan berulang. Tidak hanya membakar lemak pinggang, latihan ini juga bisa menguatkan otot kaki.

Dalam berlatih, sebaiknya anda juga melatih otot-otot antagonis, yakni otot-otot yang bekerja berlawanan dengan salah satu atau satu grup otot. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya ketidak seimbangan kekuatan yang memudahkan terjadinya cedera. Saat seseorang berlatih dengan melakukan gerakan untuk menguatkan otot-otot perut, misalnya, pada saat yang sama ia mengabaikan untuk menguatkan otot pinggang. Meskpun otot-otot perut kuat dan kencang, bila kita tidak melatih otot-otot pinggang, bagian tengah tubuh masih terlihat lembek dan kendur.

Garis pinggang merujuk pada garis horizontal adalah yang tersempit, atau pada penampakan umum pinggang mempunyai lingkar yang tersempit. Untuk mengusahakan membentuk pinggang yang bagus harus dibarengi dengan diet yang seimbang. Diet tidak makan makanan yang banyak mengandung lemak juga dapat memicu keberhasilan seseorang dalam membentuk otot pinggang.